Wednesday, June 08, 2011

Data

Otak adalah tempat penyimpanan data manusia yang kerap dijadikan sebagai penghubung atas peristiwa masa lampau. Saya masing teringat seorang sahabat  yang mengalami gagar otak kesulitan untuk mengingat kembali kejadian dulu. Butuh bertahun-tahun untuk memapah kembali ingatan-ingatan yang sempat terekam dalam otaknya.

Kondisi tubuhnya nyaris tak sempurna, kaki, tangan seperti mengalami kesemutan atau seperti dalam keadaan mati setengah. Dalam rentang waktu yang lama dia tidak bisa berbicara kecuali tersenyum seperti agak sedikit gila. Data-data ternyata hilang dalam memori otaknya, dibutuhkan terapi untuk memulihkan dan mendatangkan ingatan-ingatan lama.


Kejadian serupa tentang data mengingat kembali peristiwa masa lampau kadang juga terjadi dalam roman percintaan. Ada peristiwa istimewa yang mungkin tak dapat dilupakan dan dihapus dalam memori otak seseorang sepanjang hayat. Namun kadang peristiwa yang sulit terhapus itu menjadikan kejadian saat ini menjadi hambar. Mungkin saja ada benarnya bahwa masa lalu adalah kenangan, masa akan datang adalah harapan.

Berharapa kebaikan bukan berharap pada kenangan. Dan saatnya saya berusaha untuk melupakan harapan-harapan pada kenangan itu. Data yang ada dalam hardisk saya bersih dari kenangan-kenangan. Iya barangkali ini kecerobohan saya dalam menginstal. Selamat tinggal dataku

Share:

2 comments:

  1. Sayangnya, otak kita tak seperti harddisk.... :(

    ReplyDelete